Proses Batik Cap

Batik Cap merupakan Batik dengan proses yang menggunakan Canting Cap.  Canting cap ini biasanya berukuran 25×25 cm dan pengaplikasian nya persis seperti Stample.

canting-capCanting Cap terbuat dari rangkaian Tembaga tipis yang di gabungkan menjadi satu ikatan bagus hingga membentuk satu pola yang di inginkan.  Ukuran nya bermacam-macam menyesuaikan dengan motif yang akan di gunakan. Biasanya berbentuk kotak dengan ukuran sekitar 25x25cm. Selain terbuat dari tembaga canting cap juga ada yang di buat dari kayu namun hanya untuk motif tertentu saja yang tidak memerlukan detil khusus. Canting kayu banyak di gunakan untuk membuat batik untuk bahan Daster.

Proses pembuatan Batik Cap di mulai dengan proses NgeCap (stample) :

Proses NgeCap

proses-capPada proses ini canting cap akan di tempelkan pada tatakan yang berisi lilin (Malam) panas. Lilin Panas yg menemper pada canting di aplikasikan ke atas kain putih yang akan di beri warna. Lilin akan meresap di atas kain hingga tembus di sisi lain kain. Maksud dari pemberian lilin ini untuk menutup kain agar tidak terkena warna obat batik yang tidak di inginkan. Ngecap batik bisa menggunakan kombinasi dari beberapa canting menyesuaikan dengan motif batik yang ingin di buat. Dalam satu kain bisa menggunakan beberapa canting cap sekaligus.

Proses Pewarnaan

Proses selanjutnya yaitu pemberian warna. Ada 2 tekhnik pewarnaan yaitu dengan tekhnik Celup (mencelupkan kain yang sudah di batik ke dalam bak yang sudah berisi obat warna batik) dan tekhnik Colet (memberi warna langsung di atas kain dengan kuas)

pewarnaan-batik

Proses Ngelorot

ngelorot-batikProses ini bertujuan untuk menghilangkan lilin di atas batik yang sudah di beri warna. Pertama-tama kita didihkan dulu air yang banyak di atas wadah yang besar sampai cukup panas kemudian batik di masukan ke dalam wadah tadi sampai lilin mencair dan terlepas dari kain. Pada saat ngelorot kita bisa memakai soda kue untuk mempermudah lilin terlepas dari kain. Setelah kain bersih dari lilin yang menempel kita tinggal menjemur batik sampai kering dan selesai sudah proses membuat batik dengan menggunakan metode CAP.

baca juga : Proses Batik Printing atau Proses Batik Tulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *